Resolusi 2012: Rugby Sevens FTW!

Selamat tahun baru 2012!! Belum terlambat untuk mengucapkannya kan? Tulisan pertama saya di tahun ini akan membahas opini saya mengenai Rugby Sevens di tahun 2012 ini!Β  Tertarik? Ayo siapkan cemilan dan buat diri anda nyaman sebelum membaca lebih banyak!

Baiklah, sebelum masuk ke Rugby Sevens, saya akan membahas singkat mengenai perbedaan Rugby. Seperti yang kita ketahui, ada banyak pengembangan Rugby di dunia ini. Bahkan American Football, Canadian Football, Australian Football (footy) merupakan pengembangan olahraga ini. Sementara di Rugby sendiri ada dua jenis, yaitu Rugby League dan Rugby Union. Rugby Union sendiri pada pengembangannya akhirnya terbagi menjadi Rugby XV (fifteens) dan Rugby sevens. (Singkat kan? sudah pernah dibahas di blog saya sebelumnya kan? :P)

Nah, sekarang kita membahas mengenai Rugby XV dan Rugby Sevens yaa.. karena inilah yang dimainkan di seluruh dunia saat ini. Dibawah badan organisasi internasional yang sama yaitu International Rugby Board (IRB), Peraturan Rugby XV dan Sevens ini tidak jauh berbeda namun yang berbeda signifikan adalah jumlah pemain dan waktu pertandingannya. Rugby XV dimainkan oleh 15 orang pemain sementara Sevens dimainkan oleh 7 orang saja. Sementara itu waktu pertandingan XV dimainkan 2 x 40 menit dan Sevens dimainkan 2 x 7 menit!

lapangan yang sama digunakan oleh Rugby XV dan Rugby Sevens, 100 x 70 m maksimal

Apabila di Rugby XV terjadi banyak tackle dan ruck karena sulitnya menembus pertahanan dari 15 orang pemain, pada Rugby Sevens kontak akan sangat minim karena pemain bisa menghindari kontak untuk menembus pertahanan lawan. Bayangkan 7 pemain gesit yang tersebar di lebar lapangan yang siap berlari kencang menembus pertahanan lawan dan saling bantu. Bagaimana cara bertahan dan siap menyerang disaat yang bersamaan? Itulah kunci permainan Rugby Sevens. Bagaimana dengan tuntutan fitness pemain? Meskipun waktunya lebih pendek dari Rugby XV, justru pemain dituntut SUPER FIT! Setiap pemain dituntut punya Fitness level yang tinggi, kemampuan bertahan dan menyerang di level yang tinggi!

 

Bagaimana dengan waktunya? Apakah 2 x 7 menit terlalu sebentar? Apakah ini berarti Rugby Sevens terlalu cepat berakhir dan membosankan? Tentu saja tidak. Dengan hanya 14 pemain di lapangan, permainan terasa lebih hidup dengan operan bola yang cepat dan jauh, tipuan dan permainan cantik kedua team sangat terlihat dengan waktu yang cukup. Saya pribadi sudah mencoba Rugby XV dan kemudian Rugby Sevens, dan merasakan capeknya bermain Rugby Sevens!

Kalau kita lihat di level Internasional, Rugby Sevens menjadi lebih cepat diterima dan dijadikan olahraga internasional, karena olahraga ini tidak membutuhkan postur tubuh yang besar yang dimiliki bangsa Eropa. Saya beruntung pernah menonton langsung pertandingan Singapore Cricket Club (SCC 7s) tahun 2010 dimana pesertanya sudah kelas dunia seperti tim nasional Afrika Selatan, Fiji, dll. Yang mengejutkan adalah tim Nasional Sri Lanka, yang postur tubuhnya sangat mirip dengan Indonesia dan mereka benar benar bersaing dengan ketat dan mengalahkan banyak team yang lebih besar badannya.

Terry Bouhraoua, salah satu pemain Rugby Sevens terbaik saat ini dari France, hanya 1,67 cm dan 66 Kg.

Turnamen Rugby Sevens dunia saat ini dikenal dengan HSBC Sevens World Series, dimana 12 Negara terkuat bertanding dalam 9 (sembilan) turnamen yang diadakan di negara yang berbeda pada rentang waktu November hingga Mei. Poin dikumpulkan secara akumulatif dengan sistem perhitungan di setiap seri nya. Mungkin seperti Grand Prix atau Formula 1 kali ya? Pemenangnya pada tahun 2005/2006 adalah Fiji, pada tahun 2008/2009 Afrika Selatan, 2009/2010 Samoa dan 2010/2011 adalah New Zealand. Jadwal HSBC Sevens World Series saat ini adalah sebagai berikut:

Pengen ikutan nonton tapi belum jodoh kayanya..πŸ™‚

Tidak heran akhirnya Rugby Sevens diterima sebagai cabang yang dipertandingkan di Olympiade 2016 di Rio de Janeiro. Mungkin terlalu jauh untuk saya ke Brazil pada tahun 2016, tapi yang jelas saya pasti akan menyaksikan semua pertandingannya di TV!!

Bagaimana dengan Indonesia? Salah satu resolusi tahun 2012 ini buat saya adalah mengembangkan Rugby Sevens di Indonesia. Kenapa tidak? Seperti yang saya sudah tulis di blog sebelum ini, anak SD hingga SMA di Indonesia tidak sulit mempelajari Rugby, dan khususnya Rugby Sevens! Saya membayangkan ada pertandingan Rugby Sevens antar SMA dan mungkin berbentuk liga untuk antar Universitas! Pasti seru! Mungkin ini akan menjadi terobosan baru di Indonesia yang akan menghilangkan tawuran dan meningkatkan persaudaraan di kalangan SMA dan universitas?

Cheers untuk 2012 dan Rugby Sevens!
*tiup terompet tahun baru*

One thought on “Resolusi 2012: Rugby Sevens FTW!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s