rhino_002

Selintas 2013

Sudah awal 2014 dan sudah selayaknya saya mencoba memanfaatkan blog ini untuk berbagi kesimpulan saya mengenai perkembangan rugby di indonesia dalam tahun 2013 kemarin. I’m open for discussion so please do let me know if I miss anything or you disagree with me.

Pada awal tahun saya sangat yakin bahwa tahun 2013 merupakan tahun kebangkitan rugby indonesia. Pada tulisan saya pada pertengahan tahun juga saya kembali menegaskan hal ini. Ternyata prediksi saya bahkan melewati harapan semua orang. Kita berhasil mencapai beberapa hal yang akan menjadi tonggak sejarah rugby di indonesia meskipun masih ada tantangan yang akan kita hadapi tahun 2014.

Kita mulai bahas kaledioskop versi saya ya..

Januari

Setelah pengurus baru Persatuan Rugby Union Indonesia disahkan pada Musyawarah Nasional bulan November 2012, kita kemudian mengunjungi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk menyampaikan perkembangan Rugby di Indoenesia dan rencana kita untuk masuk sebagai anggota KONI. Pertemuan ini berlangsung sangat positif dan KONI menyambut baik rencana kita dan akan membantu proses pendaftaran.

Februari

Persatuan Rugby Union Indonesia diterima sebagai anggota KONI pada Musyawarah Nasional KONI di Bandung. Fez by Aphrodite Jakarta XV Series dimulai mempertandingkan 4 club di Jakarta (dan bandung).

Maret – April

PRUI bekerjasama dengan Japanese Rugby Football Union (JRFU) dalam program Asian Scrum Project, dimana dua orang utusan JRFU datang dari Jepang untuk membantu perkembangan rugby di Indonesia. Tatsu dan Yuta mengunjungi Jakarta, Banten, Bogor, Bandung, Bali, hingga Papua. PRUI juga mengadakan pertandingan di beberapa daerah dengan program hub games, untuk melakukan seleksi pemain nasional. Tatsu dan Yuta juga langsung berperan sebagai scout talent.

Mei

Turnamen tahunan Crown Jakarta Komodos 10s digelar. 20 team mengikuti ini dan saya yakin semua orang setuju ini turnamen Jakarta 10s terbaik sampai saat ini. Kualitas pertandingan dan setiap team bertanding dengan kemampuan terbaiknya. Lebih lengkap bisa dibaca di tournament report Komodo ya.

Juni

Tanggal 5-8 Juni, team Nasional Indonesian Rhinos bermain di Asian Five Nations Divisi III dan berhasil menang melawan China setelah sebelumnya kalah melawan Guam. Indonesia masih bertahan di divisi III sampai tahun depan. Team nasional ini diyakinkan sebagai team terbaik setelah dipilih melalui proses yang panjang dari penilaian kepada seteiap pemain dalam turnamen dan pertandingan yang sudah berlangsung tahun ini.

July

Banyak pertandingan persahabatan antar club yang berlangsung, baik di jakarta maupun di daerah lain. Yang paling berkesan adalah pada tanggal 6 juli Jogja Rugby Chiefs menjamu Bali Hanoman. Ini adalah pertama kalinya Rugby dipertandingkan di bumi Jogjakarta. Huge respect to Jogja Chiefs dan Bali Hanoman yang sudah mewujudkan ini.

Agustus

28 Agustus: Inaugurasi PRUI di KONI, melantik Pengurus Besar PRUI sebagai anggota KONI. Acara ini dilaksanakan di Kantor KONI Pusat, senayan, Jakarta.

September

Pada tanggal 14 dan 15 September, Harimau U20 bertanding Asian Rugby Football Union (ARFU) juinor Sevens di Johor Bahru, Malaysa. Kali pertama Indonesia mengirimkan tim nasional U20. Team Harimau Muda bertanding dengan China Taipei, Laos, Malaysia dan Singapore. Meskipun belum berhasil memenangkan pertandingan, tapi 12 pemain yang berangkat merupakan sejarah baru untuk indonesia dan menurut saya adalah keberhasilan terbaik Indoensia tahun 2013.

Oktober

Turnament terbesar di Indonesia: Xclusive Property Bali 10’s Tournament. Total 28 team bertanding baik di turnamen Men 10s Competition dan juga ada 4 team putri yang bertanding, dari Singapura, Australia dan Indonesia juga mengirimkan team gabungan yang dipercaya akan menjadi Team nasional Rugby Putri Indonesia. Men’s Open Competition tahun ini sangat ketat dan setiap team yang datang dari berbagai negara membuktikan kemampuan terbaiknya.

November – Desember

Kebanyakan team sudah off season di akhir tahun ini, meskipun ada beberapa friendly game, namun yang patut di highlight adalah keberhasilan Jakarta Komodo Rugby. Pada bulan November Komodo Junior bertanding di turnament di Singapore, mereka bahkan memiliki U12, U14 lho! Bayangkan potensi mereka menjadi pemain terbaik di Indonesia dalam beberapa tahun lagi. Jakarta Komodo yang senior bahkan memenangkan South East Asian Cup yang dipertandingkan oleh club rugby dari seluruh asia tenggara.

Dan dipenghujung tahun 2013 International Rugby Board (IRB) mengabulkan permohonan Indonesia menjadi full member IRB ke 101 pada 20 November pada interim meeting IRB di Dublin. Lengkaplah sudah keanggotaan Indonesia di nasional, Asia dan sekarang Internasional.

Sekarang sudah 2014.. Kalau kita setuju bahwa 2013 merupakan tahun kebangkitan rugby di indonesia, tahun 2014 akan lebih berat lagi. Dengan segudang keberhasilan rugby pada 2013, apakah kita bisa terus melangkah dengan semangat kebersamaan rugby atau malahan jatuh lagi?

Saya cuma menceritakan keberhasilan yang patut kita kenang pada tahun 2013. Kendala yang dihadapi juga sebenarnya banyak, baik dari internal politik hingga godaan dari pihak luar. Bahkan tulisan saya sebelum ini merupakan curahan hati agar kita tidak menyerah sebelum pertandingan selesai. Tidak mudah untuk terus berjuang demi rugby di indonesia.. baik dari tingkatan pemain hingga pengurus club, dan juga untuk PRUI.

Apa yang membikin kita terus berjuang? Indonesia sudah jadi anggota KONI, ARFU, bahkan IRB..

Apalagi yang akan kita perjuangkan tahun 2014?

I wish I could say that 2014 will be a lot easier than 2013.. but it wont..

2013 is just the beginning… and now we should overcome hard challenges and move forward as a team.. as one nation.. Indonesia…

Bhinneka Tunggal Ika…

Demi Rugby Indonesia.. Badak bercula satu (Indonesian Rhinos) akan terus berjuang..

BRING IT ON!!

rhino_002

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s