image2

Rugby di Inggris Bagian Pertama – Kelompok Umur

Rugby di Inggris

 

Ratusan purnama berlalu..

Tapi Cinta tak pernah berlalu..

Sedikit penggalan OST AADC 2 itu cukup mewakili betapa saya udah lama ninggalin blog ini dan meskipun belum nyampe ratusan purnama, tapi cinta saya ke Rugby masih belum berlalu kok.. HAHAHA..

 

Sudah 4 bulan ini saya di Inggris.. menikmati hidup dan menambah ilmu bagaimana Rugby dimainkan dan menjadi pedoman hidup oleh banyak orang di negara asalnya. Sudah cukup banyak pengalaman yang saya alami atau opini saya mengenai Rugby di Negara asalnya ini dan alangkah baiknya kalau saya coba tuliskan di blog ini..

Saya coba bagi dalam beberapa tulisan biar ngga terlalu melebar dan membosankan yaa..

Tulisan pertama ini mencoba membahas perkenalan Rugby di usia dini di Inggris. Dari umur berapa anak mulai latihan rugby di sini? Bagaimana peran keluarga dan sekolah?

 

England Rugby Union mau launch banyak program akhir tahun ini, termasuk age grade rugby yang baru, dimana  setiap kelompok umur memiliki jenjang dan kesulitan masing-masing. Ini pathwaynya!

 

agegrouprugby

 

Keren yak?

Jadi anak umur 6 tahun akan mulai dengan lapangan 20 x 12 m dan bermain tag Rugby untuk 4 vs 4 pemain. Tackle baru akan dimulai saat mereka di U10, perkenalan scrum baru dimulai di U11 dan baru ada contest dan dorongan saat mereka di U13.  Jadi saat mereka di kelompok umur U14 barulah mereka mulai bermain Rugby dengan 15 pemain!

 

Kapan dan dimana mereka mulai latihan? Club Rugby! Nah ini menurut saya kunci sukses perkembangan Rugby. Club Rugby berperan dari mendidik anak sedini mungkin sampai nanti mereka bermain ditingkat senior. Setiap Minggu pagi, mungkin ribuan anak akan latihan Rugby di club mereka ditemani oleh orangtua dan dilatih oleh pelatih club. Di Wikipedia tercatat ada 1,809 club yang terdaftar di Inggris dan mungkin semua club memiliki kelompok umur ini untuk membina pemain hingga ke team utama mereka. Lebih lanjut akan saya bahas mengenai istimewanya Club Rugby ini dalam dunia Rugby.

image2

*Team dalam Stourbridge Rugby pada musim 2014/2015 hanya untuk Mini dan Junior Rugby!

 

Latihan dan pertandingan untuk kelompok umur ini diadakan setiap hari minggu. Setiap Club biasanya memiliki 4-6 lapangan Rugby yang akan dibagi berdasarkan kelompok usia. Jam 10 Pagi biasanya setiap kelompok usia akan berlatih atau ada latih tanding dan pada siang hari akan dimulai pertandingan untuk kelompok umur yang U14, U16 dan U18. Keluarga juga akan terlibat baik sebagai panitia yang mengatur parkiran, ikut menjual makanan ringan atau barbeque dan juga ikut sukarela melatih. Beberapa klub yang lebih maju akan memiliki pelatih professional untuk setiap kelompok umur ini. Pedoman turnamen untuk penggolongan kelompok umur ini bisa dilihat di sini.

image3

*pembagian lapangan di Stourbridge Rugby

Sistem kompetisi liga akan berlangsung sepanjang musim dan pertandingan ini selalu ramai dengan dukungan setiap keluarga. Team yang berkunjung akan datang dengan bis dan keluarganya datang dengan mobil masing2. Seru abiss!

 

Hari Minggu kemarin saya membantu pertandingan final untuk U14, U16 dan U18 di North Midlands Rugby. Setelah satu musim penuh bertanding, mereka sampai pada babak Final dan pertandingan-pertandingan ini dilaksanakan serius dengan wasit dan asisten wasit yang dilengkapi handy talkie mini, penyerahan piala juga disampaikan langsung oleh Chairman North Midlands Rugby dan semua orang terlihat positif dalam pertandingan ini.

image1

*Pertandingan Final U18 hari Minggu 17 April 2016

Apa yang bisa Indonesia pelajari dari ini?

Tentu saja harus mulai Rugby dari usia dini seperti di sini. Jenjang dan pathway setiap anak akan dikendalikan dan terukur sehingga pembinaan pemain akan terus dikelola dengan baik. Jenjang dan kurikulum pendidikan harus disediakan dan diatur oleh Persatuan Rugby Union Indonesia dan sistem kompetisi juga harus tersedia agar bisa mengakomodir setiap kelompok umur.

 

Kebayang ngga ntar pas Jakarta ada turnamen kelompok umur yang berlangsung satu musim penuh dan pertandingan Final diadakan di Gelora Bung Karno?

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s